FAQ – Frequently Asked Questions | Member

1. Question: Apa sih travel blog itu?
Answer: Travel blog adalah blog yang sebagian besar isi tulisannya berupa cerita perjalanan yang dituliskan berisi keterangan-keterangan dan pengalaman tentang perjalanan/traveling dan/atau termasuk opini-opini tentang perjalanan/traveling.

2. Question: Travel blog seperti apa yang harus dimiliki untuk bergabung dengan komunitas Travel Bloggers Indonesia (TBI)?
Answer: Travel blog yang harus dimiliki adalah yang berisi pengalaman dan informasi tentang daerah-daerah yang dikunjungi, yang berguna untuk dibagi kepada masyarakat banyak, dapat membawa kesadaran akan responsible travel, tidak ada plagiarisasi, tidak didominasi oleh unsur niaga produk/jasa, mencintai alam dan lingkungan, tidak mengajarkan hal-hal negatif, tidak mengerucutkan perbedaan SARA atau berpotensi menyebar kebencian.

3. Question: Harus berapa lama umur travel blog saya?
Answer: Travel blog berumur minimal enam bulan sehingga bisa dilihat tingkat konsistensinya menulis dan kemungkinan pengembangan di masa datang.

4. Question: Apakah travel blog saya harus menggunakan foto yang bagus?
Answer: Ya. Sebaiknya travel blog memiliki foto yang bagus dan informatif, sehingga pembaca mendapatkan gambaran visual tentang destinasi yang diceritakan. Foto yang bagus tidak selalu menggunakan kamera mahal, dari ponsel pun bisa, yang penting sudut pandang dan kesesuaian dengan jalan cerita.

5. Question: Apakah travel blog saya harus mengkhususkan diri pada topik bahasan tertentu?
Answer: Lebih baik. Travel blog yang memiliki kekhususan tertentu akan lebih mudah dikenal karena keunikan bahasannya. Ada banyak hal yang bisa diambil sebagai satu ketertarikan untuk membuat tulisan menjadi lebih kaya dan bernas. Bisa juga menjadi traveler umum yang menyukai segala hal juga namun ditulis dengan gaya tertentu. Bangun identitas yang unik!

6. Question: Apakah travel blog saya harus menggunakan Bahasa Indonesia/Inggris yang baik dan benar?
Answer: Lebih baik. Pengunaan bahasa yang baik akan mempermudah pembaca untuk memahami informasi yang akan disampaikan. Setiap orang punya cara penceritaannya masing-masing, bisa ringan atau berat, namun dijaga supaya tetap enak dibaca dan membuat pembacanya paham.

7. Question: Kalau sudah memenuhi seperti di atas, bagaimana cara bergabung dengan TBI?
Answer: Syarat bisa dilihat disini: http://travelbloggersindonesia.com/how-to-join/

8. Question: Kenapa saya harus membuat postingan tentang komunitas travel blogger dan motivasi menjadi anggota TBI?
Answer: Tulisan tentang komunitas travel blogger secara umum dan motivasi perlu untuk mengetahui peminatan bergabung dengan satu kumpulan tertentu dan sebagai titik awal apa yang ingin dilakukan di dalam komunitas.

9. Question: Penerimaan anggota TBI itu setiap kapan sih?
Answer: Penerimaan anggota TBI dilakukan sepanjang tahun, sementara pengumuman anggota barunya dilakukan setiap awal bulan.

10. Question: Kenapa email aplikasi saya belum dibalas?
Answer: Diusahakan setiap email masuk akan dibalas responsif untuk menunggu proses. Tim penerimaan anggota akan membuka blog kamu dan membaca-baca apa yang sudah kamu tulis bersama-sama dengan anggota TBI lainnya. Proses ini yang memakan waktu agak lama untuk setiap blog. Sesudah ada evaluasi akan ada balasan baik yang diterima atau belum diterima. Jangan ragu untuk bertanya apabila email belum dibalas pada anggota TBI yang dikenal, untuk disampaikan pada tim penerimaan anggota.

11. Question: Ada berapa anggota baru yang akan diterima setiap bulan?
Answer: Tidak ada batasan tertentu. Jumlah anggota yang diterima tergantung aplikasi yang memenuhi. Para anggota TBI dipilih antara lain berdasarkan semangat yang mereka usung di blog masing-masing, informasi-informasi bermanfaat dan unik yang disampaikan, serta kecakapan menyampaikan informasi lewat teks, audio, dan/atau visual serta sesuai dengan visi misi TBI.

12. Question: Apakah saya bisa meminta rekomendasi anggota TBI?
Answer: Tidak bisa. Tapi mintalah opini dari anggota TBI itu mengenai blog travelingmu supaya memenuhi travel blog seperti yang tercantum di question 2.

13. Question: Apakah jumlah follower di sosial media mempengaruhi kemungkinan diterima?
Answer: Tidak.

14. Question: Apakah statistik trafik blog mempengaruhi kemungkinan diterima?
Answer: Tidak.

15. Question: Apakah yang membuat blog saya tidak diterima?
Answer: Ada beberapa faktor yang berbeda untuk tiap-tiap blog. Tim penerimaan anggota akan menjelaskannya di balasan email tersendiri.

16. Question: Apakah keuntungan-keuntungan menjadi anggota TBI?
Answer: Bergabung dengan komunitas TBI bisa memperbanyak teman, jejaring, berbagi banyak pengetahuan tentang destinasi dan traveling, bertukar opini dan informasi dengan baik dan sehat. Saling mereview antar blog dan memberi masukan untuk mengembangkan potensi-potensi blog. Antar blogger juga berbagi kesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan atau tawaran yang berkaitan dengan aktivitas blogging.

17. Question: Bagaimana sistem keanggotaan di TBI?
Answer: TBI tidak melarang anggotanya untuk menjadi anggota juga di komunitas blogger atau traveling mana pun. Setiap anggotanya berhak untuk mengajukan usul tentang kegiatan-kegiatan TBI melalui media-media komunikasi yang ada untuk dibicarakan bersama, juga diminta untuk berperan aktif mengikuti kegiatan online atau offline TBI.

18. Question: Apa saja kegiatan TBI ?
Answer: Ada kegiatan online dan offline TBI yang dibicarakan bersama-sama dalam berbagai media komunikasi anggota. Beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah Posting Bareng, menuangkan opini/cerita dalam satu tema yang sama di blog masing-masing.TBI juga akan menghidupkan lagi #IDTC (Indonesia Travel Chat), satu forum diskusi traveling lewat twitter dengan tema tertentu. Ke depannya TBI juga akan berbagi info dalam acara #TBIShare untuk bersama-sama meningkatkan kualitas travel blog dan juga tulisan perjalanan yang bertanggung jawab. Info ini akan disebarkan baik secara online atau kegiatan rutin offline dan bisa diikuti tidak hanya untuk anggota TBI saja. Dan ada banyak kegiatan non rutin yang diadakan dengan prakarsa momen-momen tertentu.

19. Question: Apakah TBI berafiliasi dengan kelompok tertentu?
Answer: Tidak. TBI berdiri independen dengan kebersamaan anggotanya. Jika di kemudian hari ada sponsor untuk kegiatan-kegiatan TBI, maka bersifat tidak mengikat dan hanya berlaku pada saat kegiatan itu berlangsung.

20. Question: Kalau saya ada pertanyaan lanjutan, bisa ditanyakan pada siapa?
Answer: Pertanyaan tentang keanggotaan bisa diajukan email ke member.tbi[at]gmail[dot]com dengan subyek PERTANYAAN: (topik).
Pertanyaan lain bisa diajukan ke indonesiantravelbloggers[at]gmail[dot]com.

Kami yakin, ada banyak Travel Blogger di Indonesia yang bisa bergabung dengan kami untuk memajukan dan menggairahkan dunia pariwisata Indonesia.

Salam,

Komunitas Travel Blogger Indonesia.
Home. Heart. Indonesia.