Travel Bloggers Indonesia Menyambangi Desa Bayan, Lombok Utara

Pada 28 Februari – 2 Maret 2014 lalu, Travel Bloggers Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Media Trip yang diselenggarakan oleh British Council dan Bank Mandiri ke Desa Bayan, Lombok Utara. Perjalanan ini diikuti oleh beberapa media seperti Majalah Tamasya, Majalah Travel Club, Backpackin On Line Magazine, Jakarta Post Travel, blogger lokal Lombok dan para pemandu wisata di daerah Lombok. Trip yang berlangsung selama 3 hari ini bertujuan untuk mengenalkan potensi wisata Desa Bayan yang akan dibuka sebagai objek wisata andalan di Lombok Utara.

Travel Bloggers Indonesia Menyambangi Desa Bayan, Lombok Utara  (3)

Trip dilakukan di sekitar Desa Bayan, agenda pertama adalah perkenalan tentang potensi wisata Desa Bayan, pada acara ini selain dikenalkan singkat tentang Desa Bayan, para peserta trip juga diharuskan mengenakan pakaian adat Bayan seperti ikat kepala dan sarung. Kemudian peserta diajak mengelilingi Desa Adat, masuk ke rumah adat, menuju Masjid Agung Bayan Beleq, mengunjungi industri tenun ikat dan berakhir dengan bertemu tetua adat Desa Bayan.

Setelah itu acara diisi dengan jeda makan siang yang menyajikan sajian lokal Desa Bayan seperti ikan goreng, sayur kacang hitam dan urap sambal. Seusai istirahat makan siang tersebut seluruh peserta trip diajak untuk trekking menuju Hutan Adat Mandala yang merupakan salah satu dari beberapa hutan adat yang ada di Desa Bayan. Sembari trekking agenda ini juga untuk menguji sejauh mana guide lokal mampu menjelaskan tentang perjalanan ini. Perjalanan ini diakhiri dengan menikmati panorama Desa Bayan.

Travel Bloggers Indonesia Menyambangi Desa Bayan, Lombok Utara  (1)

Di malam harinya diadakan malam keakraban antara peserta trip dan penduduk desa. Di acara malam ini juga diadakan pertunjukan seni khas Desa Bayan yaitu Cupak Gurantang yang merupakan sandiwara rakyat khas Desa Bayan. Pertunjukan ini mampu memacu gelak tawa penonton yang memenuhi bangunan Balai Desa.

Pertunjukan selesai hampir tengah malam dan dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan oleh peserta trip, panitia dan penduduk desa. Sesuai sesi evaluasi ini, seluruh peserta trip kembali ke penginapan dan berakhirlah rangkaian Media Trip bersama British Council dan Bank Mandiri selama 3 hari di Desa Bayan.